Sejauh ini memang fokusku ada di struktur, tetapi menurutku transportasi adalah hal yang menarik yang membuat kita dapat memecahkan solusi yang ada. Hal yang unik di tranportasi beda dengan struktur. Transportasi emninjau dari pola pergerakan brbeda dengan gedung ang meninjaunya hanya dari beban ultimate.
Perbedaan :
Desain struktur -> Beban ultimate
Desain perkesrasan -> Beban repetisi
Makana timbul isu bagaimana mendesain jembatan ketika desain struktur dipadukan dengan desain perkerasan di atasnya
FYI, untuk desain jembatan makanya memandang banyak aspek yaitu : Beban Mati (struktur), beban Hidup (Kendaraan), dan Beban kejut (efek getaran
Solusi Kemacetan
Solusi sederhana dari sebuha kemacetan yaitu harus tahu demandnya. Berapa kendaraan yang ada dan masuk sana. Ibaratnya kita harus tahu kapasitasnya. Karena pagi hari ini dan besok pasti berbda kita hanya harus tahu kapasitasnya.
Hubungan arus - kecepatan - kepadatan |
Dan intinya kita harus pinter untuk mencari kebutuhan diantara gap antara kondisi aktual (existing) dan kondisi ideal pembaruan.
" Tidak peduli tiap orang nya punya mobil berapa, kita tidak boleh melarang mereka membeli mobil karena nanti membuat industri kita mogok dan membuat pengangguran lebih banyak, yang terpenting adalah membuat mobil mereka tidak berguna dan mereka lebih memilih menggunakan kendaraan umum" -Pak Bona
Bagikan
Pengantar pemodelan kebutuhan pergerakan
4/
5
Oleh
Anggi Renaldy
kritik sarannya sangat membantu Saya dan Anda berkembang menjadi lebih baik lagi.